Tempat Berburu Saniter Bekas

banner 728x90

Pasar Rumput sudah terkenal sebagai pasar yang menjual berbagai barang bekas di kawasan Jakarta Selatan. Disebut Pasar Rumput karena pada tahun 1950-an pasar ini adalah tempat berjualan rumput untuk makanan kuda. Pada tahun 1970- an, pedagang rumput di pasar ini semakin berkurang karena masyarakat sudah menggunakan kendaraan bermotor.

Sejak saat itu, banyak pedagang yang beralih menjadi penjual barang bekas. Berbagai barang ditawarkan di Pasar Rumput. Jenisnya pun beragam. Dari berbagai kebutuhan rumah, seperti saniter dan ubin keramik, hingga berbagai perlengkapan lainnya, seperti alat olahraga, alat musik, dan sepeda bekas.

Dari sekian banyak produk, yang paling banyak dijual dan diburu masyarakat adalah produk saniter. Ya di sini, produk saniter sangat lengkap. Anda bisa menemukan kloset, bathtub, sink, wastafel, shower, dan keran berkualitas dengan harga yang miring. Didi Subrasdianto (60) bersama istri dan anak-anaknya, sengaja datang ke Pasar Rumput untuk mencari kloset duduk.

Menurut Didi yang tinggal di Kalibata, harga kloset yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga kloset di supermarket bangunan, menjadi daya tarik yang membuat ia datang ke tempat ini. “Saya sudah beberapa kali membeli kloset di Pasar Rumput. Selain murah, kloset disini juga awet dan kualitasnya enggak kalah saing. Kloset punya saya yang di rumah sudah dipakai bertahun-tahun masih bagus,” kata Didi.

Harga Miring Banyak Pilihan

Banyaknya pilihan yang ditawarkan di Pasar Rumput juga menjadi alasan Didi dan keluarga “berburu” kloset di tempat ini. Sayangnya, lapak yang menjual produk saniter di Pasar Rumput sudah tidak sebanyak dulu. Banyak pedagang saniter yang menutup lapaknya karena penertiban. Saat ini, tersisa kurang lebih 10 lapak penjual saniter bekas yang masih berjualan di Pasar Rumput.

Kisaran harga kloset duduk yang ditawarkan di Pasar Rumput mulai dari Rp850.000-Rp1,4 juta. Merek yang ditawarkan juga beragam, termasuk merek-merek terkenal, seperti American Standar atau Grohe. Saniter bekas yang dijual di Pasar Rumput biasanya berasal dari bekas hotel, apartemen, dan rumah tinggal.

Sebelum dijual kembali, pedagang di Pasar Rumput biasanya mengecek terlebih dahulu kondisi produk saniter bekas tersebut. Jika tidak ada kerusakan, pedagang biasanya cukup mencuci perlengkapan saniter dengan bahan kimia tertentu agar terlihat bersih seperti baru. Jika terdapat bekas goresan pada permukaan kloset, pedagang biasanya menggunakan ampelas untuk menggosok permukaan yang tergores.

Di samping kondisi barang, beberapa pedagang juga menawarkan garansi untuk saniter bekas dagangannya. Misalnya Erik, pedagang saniter bekas toko Ro Gok Tua di Pasar Rumput. Ia memberikan garansi warna kloset tidak pudar selama tiga tahun. “Rata-rata pedagang disini hanya memberikan garansi kerusakan selama beberapa bulanan, kalau di toko saya, ada garansi warna supaya konsumen makin tertarik membeli disini,” ujar Erik.

Yang Baru Juga Ada

Meski terkenal dengan saniter bekasnya, di sentra saniter Pasar Rumput juga tersedia perlengkapan saniter baru. Tapi jangan khawatir soal harganya, saniter baru di Pasar Rumput tetap dijual dengan harga yang murah. Pedagang seperti Erik biasanya mendapatkan produk saniter baru tersebut dari pemilik-pemilik rumah yang menjual kembali kloset baru miliknya karena tidak sesuai dengan ukuran lubang pembuangan di rumahnya.

Saat berbelanja di Pasar Rumput, Anda juga harus jeli melihat mana produk saniter baru mana yang “baru direparasi”. Perbedaan biasanya terlihat dari warna permukaan saniter. Jika sudah agak pudar, Anda patut ragu apakah itu baru atau barang bekas. Perbedaan lain adalah ketersediaan kardus dari produk saniter yang Anda beli. Produk saniter baru biasanya dijual lengkap dengan kardus yang mencantumkan merek serta kartu garansi. Bagaimana, Anda tertarik berburu saniter di Pasar Rumput?

Rumah juga memerlukan sebuah genset untuk listrik cadangan ketika listrik dari PLN sedang padam. banyak sekali toko jual genset di Surabaya yang murah dan bergaransi. Sehingga tidak perlu bingung dan khawatir lagi dalam mencari genset baru maupun bekas.

author
Author: 
    No related post!

    Leave a reply "Tempat Berburu Saniter Bekas"

    Must read×

    Top