Memberikan Pilihan yang Lebih Dibutuhkan

banner 728x90

Bernadetha Setianingrum (31), mama dari Valencia Viane Natali (8) “Anak saya itu, saat jalan-jalan di mal, supermarket, tempat umum, semuanya ditunjuk dan harus dibeli. Tentu tidak saya kabulkan. Biasanya saya akan mengalihkan perhatian si kecil dengan mengajaknya bermain di arena bermain anak.

Kalau dia tetap ngeyel ingin meminta sesuatu yang ditunjuknya, maka perlu diberi option: ‘Mau itu apa mau main di arena bermain? Kalau beli itu, kita langsung pulang dan enggak usah bermain lagi’. Biasanya si kecil lebih memilih untuk bisa ke arena bermain. Anak saya juga senang koleksi aksesori, seperti: pita, bando, jam tangan, dan lainnya. Tiap kali melintasi toko aksesori, dia pasti merengek, padahal koleksinya sudah satu tas besar.

Akhirnya kalau pergi ke mal, saya selalu mendandani si kecil dengan aksesori yang banyak. Kalau si kecil minta, saya bilang, ‘Itu kamu kan sudah pakai, lebih baik kita bermain di arena bermain atau makan saja.’ Biasanya si kecil langsung menurut. “

Pendapat para ahli : “benar sekali, memberi pilihan merupakan salah satu cara untuk bisa mengontrol keinginan anak yang terkadang bersifat impulsif. Dengan diberikan pilihan, anak diajak untuk menahan sebentar keinginannya dan dibiasakan menentukan prioritas. Selain itu juga menerima konsekuensi atas setiap keputusan yang dipilihnya. Tentunya konsistensi orangtua terhadap konsekuensi yang dipilih anak sangat diperlukan.

Mendandani anak dengan aksesori yang banyak, mungkin bisa menjadi salah satu cara mengerem keinginan anak membeli aksesori tambahan. Akan tetapi, membiasakan anak cukup merasa puas dengan menggunakan aksesori secukupnya, juga bisa dilakukan dengan menekankan bahwa seumuran mereka masih membutuhkan banyak gerak, sehingga akan lebih nyaman dan aman jika memakai aksesori seperlunya saja.”

Mengajarkan anak kebiasaan yang baik sejak kecil adalah cara yang tepat sekali agar menjadi sikap kebiasaan yang baik dimasa depan. Selain mengajarkan cara hemat dan tidak konsumtif, anak juga perlu diberikan tambahan pelajaran bahasa asing. Karena diera sekarang ini diperlukan sekali keterampilan bahasa asing di dunia kerja. Lembaga les bahasa asing online menjadi pilihan tepat agar orangtua juga bisa memantau perkembangan anak belajar di rumah.

author
Author: 
    LATIH SI KECIL HIDUP SEDERHANA SEJAK DINI
    LATIH SI KECIL HIDUP SEDERHANA SEJAK DINI
    Orang tua pasti hendak anaknya dapat hidup
    Desain Skandinavia – sebuah estetika yang ditandai
    4 Syarat Aman Tas Punggung Anak
    4 Syarat Aman Tas Punggung Anak
    Perhatikan Beban Tas Tugas kita lainnya, tentu
    Syarat Tas Punggung Yang Aman
    Syarat Tas Punggung Yang Aman
    Tinggal beberapa bulan tahun ajaran baru datang.

    Leave a reply "Memberikan Pilihan yang Lebih Dibutuhkan"

    Must read×

    Top