Cara Budidaya Lele Supaya Berhasil

banner 728x90

Semua jenis bisnis, termasuk usaha ternak lele sangat mengandalkan keseriusan dan ketekunan, ditambah lagi dengan bau anyir ikan.

Untuk mengawali bisnis ini,tak perlu keahlian yang memerlukan banyak pengalaman. Asalkan mempunyai sebagian hal seperti yang sudah diceritakan, yaitu keseriusan dan ketekunan semua orang dapat mulai bisnis ternak lele ini.

Untuk orang yang pertama kalinya memulai bisnis ternak lele, butuh sebagian langkah yang sepatutnya dilewati, baik orang yang berpengalaman maupun yang tak berpengalaman.

Pembuatan Kolam Ternak Lele

Supaya tak terkontaminasi oleh limbah dan polusi,  buat kolam lele yang jauh dari lingkungan pabrik

Kolam lele sepatutnya berada pada temperatur 20 sampai 280C. Air kolam yang keruh dan berwarna hijau berlumut, suasananya sepatutnya hening.

Kolam lele jangan sampai air nya dangkal, karena jikalau dangkal menyebabkan lele kepanasan dan mati. Isi air dengan jarak yang cukup dalam dari permukaan. Supaya bisa meresap racun air kolam dan memberi keteduhan, tambahkan tanaman seperti eceng gondok atau talas.

Memilih Indukan yang Berkwalitas

Untuk ternak lele diusahakan pilih benih yang berkwalitas dengan ciri-ciri badan pejantan lele mempunyai perut ramping, warna lebih gelap,mempunyai alat kelamin berbentuk runcing, tulang kepala pipih dan lincah.

Sementara untuk betina dengan ciri-ciri perut lebih besar ketimbang punggungnya, gerakan lamban, kepala cembung, dan kelamin berbentuk bulat.

Pelaksanaan Mengawinkan Lele

Silahkan perhatikan dan observasi ciri-ciri lele yang siap kawin dari warna kelaminnya, alat kelamin yang betina berwarna kuning, sedangkan pejantan akan berwarna merah.

Setelah di kawinkan pisahkan bibit-bibit apabila sel telor sudah dibuahi dan bibit lele telah menetas.

Pengembangbiakan Lele

Sebelum dipindah ke kolam, siapkan ember yang diisi air kolam untuk menampung bibit lele. Jangan langsung memindahkan lele ke kolam baru, sebab jikalau dipindah ke kolam secara langsung, bibit lele mengalami stress dan hasilnya mati.

Bersihkan dulu kolamnya, kemudian  letakkan ember ke dalam kolam pada malam atau pagi hari sesudah air kolam dikurangi sekitar 10 sampai 20 cm.

Ttunggu sampai 24 jam dan jangan pindahkan ember dari dalam kolam, supaya bibit-bibit lele dapat menyesuaikan diri ke dalam keadaan kolam.

Pemisahan Lele Siap Panen

Ciri-ciri bentuk badan Lele yang siap panen, umumnya mengikuti permintaan yang banyak dicari di pasaran yaitu berukuran sekitar 5-7 cm atau 9-12cm. Sedangkan ciri ciri pada air kolam adalah, Warna air kolam berubah menjadi merah dikala lele siap panen.

Pastikan bersihkan kolam sampai tak ada lele dewasa yang tersisa untuk dihuni bibit-bibit lele yang baru.

Tags: #lele

author
Author: 
    Desain Skandinavia – sebuah estetika yang ditandai
    7 Variasi Warna mawar yang wajib kamu tahu!
    7 Variasi Warna mawar yang wajib kamu tahu!
    Bunga. Sebuah keindahan yang terpancar dari warna,
    Cara tepat merawat bunga agar tumbuh merekah!
    Cara tepat merawat bunga agar tumbuh merekah!
    Halo semua, Mau tahu cara merawat bunga
    Tips Memaksimalkan Liburan di Villa Puncak
    Tips Memaksimalkan Liburan di Villa Puncak
    Cara paling menyenangkan tatkala mengisi waktu senggang

    Leave a reply "Cara Budidaya Lele Supaya Berhasil"

    Must read×

    Top