Keraton-Keraton Yang Ada Di Solo dan Jogja

banner 728x90

Kota Solo dan Jogja merupakan kota di Indonesia yang memiliki sejarah panjang akan budaya dan juga kehidupan masyarakat Jawa. Semanjak bergabung ke Negara Kesatuan Republik Indonesia, kedua kawasan tetap menghiasi bangsa ini dengan berbagai macam kisah baik politik, budaya, sastra, dan masih banyak lagi. Di Kota Solo dan juga Jogja masih berdiri hingga sekarang keraton yang masih menjadi simbol bagi masyarakat Solo dan Jogja. Tedapat 4 buah kerajaan di kedua tempat. di Solo ada Keraton Surakarta dan Mangkunegaran sedangkan di Jogja ada Keraton Yogyakarta dan Pakualaman.

Bagi wisatawan tidak asing lagi dengan Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Kedua keraton ini merupakan pusat dari budaya Jawa khususnya kawasan Mataraman. Sedangkan Mangkunegaran dan Pakualaman masih banyak yang belum mengenalnya walau keduanya juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari  Solo dan Jogja. Untuk mengenal lebih jauh keempat keraton yang ada di Solo dan Jogja, berikut penjelasan singkat dari kami:

  1. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta meupakan pecahan dari Kesultanan Mataram Islam yang terbagi dua setelah penandatanganan Perjanjian Giyanti Pada 1755. Perjanjian ini pada akhirnya membuat Kesultanan Mataram Islam menjadi dua keraton yaitu Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta. Keraton ini didirikan oleh Sultan Pakubuwono II dan lokasinya berada di dekat Sungai Bengawan Solo. Karaton Surakarta masih berdiri kokoh hingga sekarang. Komplek keraton ini merupakan tempat tinggal raja dan keluarganya. Saat ini Keraton Surakarta dipimpin oleh Sultan Pakubuwono XIII. Walau tidak sekuat dahulu pengaruhnya, masyarakat Solo masih menghormati Keraton Surakarta.

  1. Mangkunegaran

Mangkunegaran adalah keraton selanjutnya yang ada di Kota Solo. Mangkunegaran merupakan pecahan dari Keraton Surakarta yang statusnya berupa kadipaten setelah Perjanjian Salatiga. Mangkunegaran didirikan oleh Raden Mas Said yang bergelar Mangkunegaran I. Walau hanya setingkat kadipaten namun Mangkunegaran memiliki luas wilayah yang hampir sama dengan Keraton Surakarta. Kerajaan ini terkenal dengan istananya yang indah yang memadukan arsitektur gaya Jawa Kuno dan juga Eropa. Saat berwisata ke sini, wisatawan dapat menikmati berbagai macam benda peninggalan dari Keraton Mangkunegaran.

  1. Keraton Yogyakarta

Selain Keraton Surakarta satu keraton yang menjadi pecahan dari Kesultanan Mataram Islam adalah Keraton Yogyakarta. Berada di Yogyakarta, keraton ini masih bisa bertahan hingga sekarang bahkan menjadi sebuah daerah istimewa yang mana raja dari Keraton Yogyakarta otomastis menjadi Gubernur dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Keraton Yogyakarta merupakan ikon pariwisata yang ada di kawasan ini yang mana selalu dikunjungi ratusan hingga ribuan orang setiap harinya. Wisatwan dapat melihat berbagai macam koleksi yang ada di dalam keraton.

  1. Pakualaman

Pakualaman mungkin keraton yang paling tidak terkenal dari keempat keraton yang ada di Jogja dn Solo. Keraton ini merupakan pecahan dari Keraton Yogyakarta yang mana wilayahnya hanya 20% dari luas Daerah Istimewa Yogyakarta. Walau begitu raja dari keraton ini otomatis akan menjad wakil gubernur D.I Yogyakarta.

Demikian penjelasan singkat mengenai keraton yang berdiri di Solo dan Jogja. Jika Anda sedang menikmati paket wisata Jogja atau Solo dan ingin datang mengunjungi keraton-keraton tersebut bisa menghubungi PO sewa bus wisata di Jogja yang siap mengantarkan wisatawan ke lokasi.

author
Author: 
    Desain Skandinavia – sebuah estetika yang ditandai
    Tempat Wisata Alam Di Jayapura
    Tempat Wisata Alam Di Jayapura
    Di Wilayah timur negara Indonesia memang memiliki
    Isuzu Elf Microbus, Pilihan Utama Wisatawan di Joga
    Isuzu Elf Microbus, Pilihan Utama Wisatawan di Joga
    Menikmati paket wisata Jogja akan lebih mudah

    Leave a reply "Keraton-Keraton Yang Ada Di Solo dan Jogja"

    Must read×

    Top