Pentingnya Mengganti Bahan Tambal Gigi

banner 728x90

Klinik Tambal Gigi Jogja TerbaikTambal gigi merupakan cara terbaik untuk merawat gigi yang bolong sehingga dapat menutup pertumbuhan bakteri yang dapat membuat gigi menjadi busuk. Walaupun dapat bertahan lama, tapi bahan tambalan tetap harus diganti karena biasanya sebagian ada yang rusak akibat menkonsumsi berbagai jenis makanan dan menggigit macam-macam benda.

Bahan tambalan gigi memiliki lapisan yang tidak sekuat gigi asli sehingga bisa juga berlubang sewaktu – waktu. Ketika tambalan tersebut bolong, lepas atau sedikit retak maka akan terbentuk celah diantara tatmala dan gigi tersebut sehingga bisa menjadi jalan masuk kuman ataupun bakteri ke dalam gigi.

Bakteri tersebut berasal dari air liur dan juga karang gigi yang bersifat asam sehingga dapat mengikis lapisan permukaan gigi. Jika bakteri sudah masuk maka untuk membersihkannya tidak bisa hanya dngan menggosok gigi karena sudah menempel sangat kuat. Masuknya bakteri menyebabkan perkembangan karies semakin banyak, baik itu di tepi atau sisi tambalan ataupun bagian bawah tambalan.

Bahan Tambal Gigi Harus Diganti

Banyak pasien yang tidak sadar ketika tambalan giginya berlubang, maka dari itu harus dilakukan pemeriksaan secara berkala. Karena jika lubang tambalan didiamkan terlalu lama dapat menimbulkan infeksi pada bagian pulpa gigi yang berisi saraf gigi dan pembuluh darah. Sehingga sudah bisa ditambal lagi dan harus segera dicabut agar infeksinya tidak menyebar.

Maka dari itu, biasanya dokter gigi menyarankan untuk kembali lagi kurang lebih 1-2 minggu setelah gigi ditambal. Tujuannya untuk melihat tingkat kekerasan bahan tambalan selama menempel pada gigi yang berlubang. Ketika tambalan tersebut sudah menunjukan gejala rusak maka harus segera diganti agar tidak berlubang.

Supaya tambalan gigi tetap terawat dengan baik maka ada beberapa hal yang harus Anda lakukan yaitu menghindari atau berhenti merokok, mengkonsumsi makanan yang bergizi, jangan menyikat gigi terlalu keras, sebaiknya hindari minuman bersoda dan mengandung alcohol karena dapat membuat gigi menjadi lapuk.

Anda bisa melakukan penggantian bahan tambalan di berabagai klinik tambal gigi Jogja sehingga terhindar dari kesalahan dan bahan penggantinya pun tepat sehingga tambalan dapat bertahan lebih lama.

author
Author: 
    No related post!

    Leave a reply "Pentingnya Mengganti Bahan Tambal Gigi"

    Must read×

    Top