Struktur Teks Editorial Lengkap Penyusunannya

banner 728x90

SObat , jelas Anda sudah tahu apa itu teks editorial? Jika kalian sudah memasukkan aturan linguistik teks editorial, anda juga harus mengetahui struktur teks editorial dan tahapan persiapannya. Ada 3 struktur teks editorial, yaitu pernyataan tesis, argumentasi dan pengulangan. Ayo, mari kita bahas lebih lanjut.


Struktur teks editorial

Pernyataan pendapat (tesis), memuat perspektif penulis tentang masalah yang diangkat. Dalam bentuk pernyataan atau teori yang akan diperkuat oleh argumen.
Argumen, bentuk alasan atau bukti yang digunakan untuk memperkuat tesis. Ini bisa berupa pernyataan umum, data penelitian, pernyataan ahli atau fakta yang bisa dipercaya.
Penegasan penegasan / pengulangan, berisi penguatan pendapat yang telah didukung oleh fakta-fakta di bagian topik.
struktur teks editorial

Jadi Anda dapat lebih memahami tentang struktur teks editorial, berikut adalah contoh teksnya. Contoh teks editorial berjudul “Apakah ujian nasional harus tetap online?”

Pernyataan pendapat / tesis:

Di bawah ini adalah pandangan penulis tentang masalah / masalah. Masalah yang diangkat adalah pelaksanaan ujian online nasional. Kemudian beberapa kalimat ditambahkan yang menegaskan sudut pandang penulis.

Dalam beberapa bulan ujian nasional akan berlangsung dari sekolah dasar hingga sekolah menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menambahkan peraturan baru, yaitu pelaksanaan ujian online nasional di berbagai sekolah. Dilihat oleh situasi saat ini dan lapangan, rencana ini belum tepat dan harus dipertimbangkan kembali karena masalah seperti infrastruktur yang tidak teratur dan kurangnya pengetahuan oleh para ahli dari berbagai sekolah.

Argumentasi:

Di bawah ini adalah topik yang berisi pernyataan umum yang mendukung pernyataan pendapat / tesis.

Meskipun ini sangat bagus. Jika pelaksanaan ujian online nasional terus dilakukan, beberapa sekolah akan menghadapi kesulitan karena tidak adanya infrastruktur yang memadai seperti komputer, akses internet dan listrik. Bayangkan hanya ketika ada sekolah dengan 250 siswa yang mengikuti ujian nasional, jadi berapa banyak komputer yang dibutuhkan sekolah untuk mengikuti ujian nasional ini?

Tentunya membutuhkan banyak komputer. Jika masih terpaksa, salah satu caranya adalah menggunakan komputer secara bergantian. Namun ini rentan terhadap munculnya kecurangan dalam ujian nasional. Lebih lanjut, kurangnya tenaga ahli di sekolah yang berbeda juga menjadi masalah, karena pasti beberapa sekolah akan bingung dalam implementasinya karena mereka tidak mengerti bagaimana cara mengimplementasikannya.

Opini penegasan pengulangan (repetisi)
Di bawah ini adalah penegasan kembali pendapat yang dibahas di atas. Terutama dalam hal infrastruktur.

Tentu saja, jika pemerintah ingin melakukan ujian online nasional, pemerintah harus menjamin ketersediaan infrastruktur pendukung dan tidak terburu-buru untuk mengimplementasikannya. Pemerintah juga harus melakukan sosialisasi langsung di sekolah jauh sebelum ujian nasional agar tidak menimbulkan masalah seperti dijelaskan di atas.

Sekarang, setelah mengetahui strukturnya, Anda sekarang juga perlu mengetahui langkah-langkah untuk membuat teks editorial. Langkah-langkahnya adalah:

Pilih topik terbaru dan menarik yang menarik pembaca. Topik menarik akan menarik bagi pembaca karena pembaca selalu menginginkan topik terbaru.
Kumpulkan data untuk mendukung pendapat. Data dalam bentuk fakta yang berkaitan dengan subjek akan sangat mendukung pendapat yang telah dirumuskan.
Sesuaikan topik dengan pembaca. Penulis teks editorial harus memperhatikan bahasa, fakta dan pendapat yang diungkapkan, apakah sesuai atau tidak bagi pembaca.
Edit teks editorial. Periksa teks yang telah dibuat sehingga aturan bahasa, tanda baca, dan kalimat yang solid dan siap dibaca oleh pembaca.
Setiap langkah dalam penyusunan teks editorial harus dipahami dengan cermat oleh RG Squad. Langkah-langkah yang diambil sangat berpengaruh pada kualitas teks editorial yang akan dihasilkan.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang menulis teks editorial, Anda hanya dapat belajar dengan mentor ahli di : https://materibelajar.co.id/

author
Author: 
    Ekologi : Pengertian Jenis-Jenis dan Contoh
    Ekologi : Pengertian Jenis-Jenis dan Contoh
    Ekologi: definisi, jenis dan contoh ekologi |Dilansir
    TOEFL Writing – Lakukan Ini Jika Melakukan Tes Menulis TOEFL
    TOEFL Writing – Lakukan Ini Jika Melakukan Tes Menulis TOEFL
    TOEFL Writing – Seringkali Anda akan menemukan
    Magang di Uakron Banyak Gunanya tuk Belajar Bahasa Jepangmu
    Magang di Uakron Banyak Gunanya tuk Belajar Bahasa Jepangmu
    Menjadi orang yang menguasai berbagai macam bahasa
    Kata kata Selamat Ulang Tahun untuk Sahabat
    Kata kata Selamat Ulang Tahun untuk Sahabat
    Contoh ucapan selamat ulang tahun untuk teman.

    Leave a reply "Struktur Teks Editorial Lengkap Penyusunannya"

    Must read×

    Top