Jeruk Peras Yang Lebih Bernutrisi

banner 728x90

Jeruk adalah salah satu buah yang sangat umum ditemui di sekitar kita. Buah satu ini merupakan jenis buah yang hampir semua orang mengetahuinya. Jenis buah yang satu ini sangat terkenal di seluruh dunia karena kemudahan untuk mengkonsumsinya. Tidak perlu pisau atau alat bantu lainnya untuk menikmati jeruk. Hanya perlu mengupas kulitnya dengan tangan, buah jeruk bisa langsung dinikmati.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa jeruk berasal dari daratan Tiongkok bagian selatan atau dari wilayah timur laut India. Sementara penelitian lainnya, menyebutkan bahwa buah dengan cita rasa asam ini berasal dari wilayah Asia Tenggara. Tumbuhan ini diperkirakan sudah dibudidayakan di Tiongkok sejak 2500 tahun sebelum masehi. Sementara di Timur Tengah dan wilayah Eropa Tenggara, jeruk diduga tumbuh secara alami.

Catatan pertama tentang jeruk di Eropa adalah jenis Citrus medica L. oleh Theophrastus pada 350 SM. Kemudian catatan lainnya tentang jeruk para penulis lebih menuliskan tentang jeruk persia yang dianggap mampu mengobati keracunan dan memiliki aroma yang harum. Dalam dua kebudayaan besar Eropa, Romawi dan Yunani Kuno, jeruk juga cukup dikenal. Hal tersebut terbukti dengan beberapa artefak kuno dengan gambar jeruk dan pohonnya. Bukti artefak lainnya juga menunjukkan jeruk telah lama di kenal di Afrika Utara tepatnya di bekas reruntuhan Kartago pada abad ke 2 Masehi.

Jeruk mulai dikenal luas di Eropa sejak abad ke 11 Masehi khususnya di wilayah Mediterannia. Jeruk kemudian secara luas dibudidayakan di Eropa mulai abad ke 15 Masehi dimulai dari daerah Portugal dan Italia yang wilayahnya menghadap Lautan Mediterrania. Kemudian jeruk menyebar ke Amerika, Afrika, wilayah Asia lainnya serta berbagai belahan lain di dunia setelahnya.

Jeruk selain dikonsumsi dengan memakannya secara langsung bisa juga dikonsumsi dengan cara lain. Salah satu cara paling umum mengkonsumsi buah jeruk selain dimakan langsung adalah diperas untuk diminum. Jeruk peras yang segar merupakan salah satu minuman yang sangat disukai hampir semua orang. Memeras jeruk sendiri bisa dilakukan secara manual maupun dengan bantuan alat pemeras jeruk. Saat inipun juga sudah banyak penjual yang jual mesin pemeras jeruk baik manual maupun otomatis. Dengan menggunakan alat pemeras jeruk yang berkualitas tentunya akan mendapatkan ekstrak buah jeruk dengan kualitas yang baik serta jumlah yang lebih banyak.

Meminum jeruk peras memiliki kebaikan yang hampir sama dengan mengkonsumsinya secara langsung. Berbeda dengan meminum jus jeruk, dengan meminum jeruk peras maka nutrisi yang didapat jauh lebih besar. Hal tersebut karena dalam prosesnya, jeruk peras diproses secara perlahan-lahan sehingga nutrisinya tidak serta merta hancur. Sementara jika menggunakan juicer, maka nutrisi yang terkandung pada jeruk akan lebih banyak berkurang karena teroksidasi dalam prosesnya. Selain itu, menurut para pakar, nutrisi yang terkandung pada jeruk peras bisa mencapai 5 kali lipat dibandingkan dengan jus jeruk.

Selain hal tersebut, jeruk peras lebih bernutrisi karena mengkonsumsinya bisa dikatakan hampir sama dengan mengkonsumsi potongan buah segar. Ketika jeruk diperas maka nutrisi yang didapat pun sama karena hampir tidak akan ada nutrisi yang teroksidasi dan hilang. Sari dari buah jeruk yang diperas juga mempunyai kandungan serat yang hampir sama dengan saat jeruk belum dikupas. Hal tersebut juga bisa membantu mencukupi kebutuhan serat harian sehingga membantu melancarkan pencernaan tubuh. Pakar kesehatan umumnya menganjurkan untuk mengkonsumsi lima hingga sembilan porsi buah dalam sehari. Dengan mengkombinasikan perasan jeruk dengan buah buahan lain yang juga diperas, maka kebutuhan buah harian bisa dipenuhi dengan lebih mudah dan efisien.

author
Author: 
    Bisnis Menggunakan Internet
    Bisnis Menggunakan Internet
    Sebenarnya, sebagian besar ketika saya mungkin akan
    Pesan Karangan Bunga di Kayoon Surabaya
    Pesan Karangan Bunga di Kayoon Surabaya
    Ketika sedang ada acara-acara besar seperti peresmian
    6 Keuntungan Menggunakan Flashdisk Kartu Promosi dalam Event Perusahaan Besar
    6 Keuntungan Menggunakan Flashdisk Kartu Promosi dalam Event Perusahaan Besar
    Mencoba melirik 6 keuntungan menggunakan flashdisk kartu
    Fungsi Nukleus
    Fungsi Nukleus
    Pada tumbuhan atau pun hewan memiliki struktur

    Leave a reply "Jeruk Peras Yang Lebih Bernutrisi"

    Must read×

    Top