Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Pinjaman

banner 728x90

Saat ini jika ada kebutuhan mendesak namun uang terbatas solusinya bisa dengan meminjam uang. Apalagi akses untuk meminjam uang sangat mudah. Tidak hanya melalui perbankan, tapi juga sudah merambah via online sehingga masalah keuangan bisa cepat teratasi. Berhutang sebenarnya sah-sah saja selagi untuk kegiatan produktif, bukan konsumtif.

Namun ssbelumnya Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini. 

Mencari Informasi

Sebelum melakukan pinjaman, pastikan Anda sudah mengetahui setiap informasi mengenai tempat Anda mengajukan kredit tersebut. Hal itu sangat penting karena Anda akan berurusan dengan pemberi kredit dalam waktu yang cukup lama sampai urusan kredit selesai. Informasi yang Anda perlukan diantaranya bagaimana pelayanannya, program apa saja yang ditawarkan, ataupun keuntungan yang bisa di dapat 

Bunga Kredit 

Bunga kredit yang sudah ditetapkan setiap bank pasti berbeda-beda. Anda harus memastikan bahwa bunga tersebut tidak memberatkan Anda, artinya sesuai dengan kemampuan bayar Anda setiap bulan. Anda juga bisa mencari pihak pemberi kredit yang memberikan bunga yang tidak terlalu tinggi. Hal itu berlaku bagi pinjaman online maupun melalui perbankan. 

Jangka Waktu  

Jangka waktu peminjaman atau tenor terbagi menjadi 3, yaitu jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Semakin panjang jatuh tempo, maka semakin besar biaya yang harus Anda bayarkan. Pastikan tenor yang Anda pilih memang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Semakin besarnya biaya yang harus Anda bayarkan jangan sampai membuat Anda semakin terbebani untuk membayar cicilan setiap bulannya. 

Proses Pencairan Dana  

Anda perlu memastikan bahwa bank tersebut memiliki prosedur yang tidak berbelit-belit dalam hal pencairan dana. Tujuannya agar Anda bisa segera menggunakan uang tersebut untuk tujuan yang sudah ditentukan sejak awal. Apabila prosedur bertele-tele dan sulit untuk dipahami, maka lebih baik Anda mencari bank lain untuk melakukan peminjaman uang.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan kredit di perbankan maupun melalui pinjaman online. Pastikan hal-hal tersebut Anda periksa terlebih dahulu agar Anda bisa lebih nyaman dalam prosesnya nanti. 

author
Author: 
    Ketahui Bahaya Saat Menggunakan WhatsApp
    Ketahui Bahaya Saat Menggunakan WhatsApp
    Siapa yang tidak kenal dengan WhatsApp, atau
    Apakah Arti Life Path Itu? Inilah Ulasannya
    Apakah Arti Life Path Itu? Inilah Ulasannya
    Pernahkah Anda ingin mengetahui apa arti life
    Keunggulan AsaLite dan AsaPro  produk KTA (Kredit Tanpa Agunan) dari Asakita
    Keunggulan AsaLite dan AsaPro produk KTA (Kredit Tanpa Agunan) dari Asakita
    Pernahkah pada suatu saat mengalami kebutuhan uang

    Leave a reply "Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Pinjaman"

    Must read×

    Top