Komponen Pendapatan Nasional

banner 728x90

apa itu komponen pendapatan nasional? menurut Kuliahpendidikan.com terdapat beberapa komponen pendapatan nasional seperti yang akan kita jelas nya di bawah ini.

Komponen Pendapatan Nasional

  1. Produk domestik bruto (PDB)

PDB adalah nilai total barang dan jasa yang diproduksi di dalam negeri selama satu tahun. Dihitung berdasarkan harga pasar dan juga disebut PDB pada harga pasar. Definisi Dernberg tentang PDB dengan harga pasar adalah “nilai pasar dari produksi akhir barang dan jasa yang diproduksi di wilayah domestik suatu negara selama satu tahun”.

Ada tiga cara untuk mengukur PDB:

Produk Nasional = Pendapatan Nasional = Pengeluaran Nasional.

Komponen Pendapatan Nasional

  1. PDB dengan biaya faktor

PDB pada biaya faktor adalah jumlah pada nilai bersih ditambah semua produsen dalam negeri, seperti PDB dan PDB. Karena nilai tambah bersih didistribusikan sebagai pendapatan kepada pemilik faktor-faktor produksi, PDB adalah jumlah dari pendapatan faktor domestik dan konsumsi modal investasi.

Perhitungan PDB dengan biaya faktor = pertambahan nilai bersih + penyusutan.

Perhitungan PDB berdasarkan faktor biaya = PDB dengan harga pasar – Pajak + subsidi tidak langsung.

  1. Bersihkan produk dalam negeri (NDP)

NDP adalah kekayaan bersih dari output ekonomi sepanjang tahun. Beberapa barang modal negara digunakan selama proses produksi setiap tahun atau usang. Nilai konsumsi modal ini sesuai dengan persentase investasi kotor dikurangi PDB.

Hitung produk domestik bersih = PDB dengan biaya faktor – penyusutan.

  1. Nominal dan GDP Riil

Ketika diukur pada harga saat ini, PDB disebut sebagai PDB pada harga saat ini atau PDB nominal. Namun, jika PDB dihitung selama beberapa tahun berdasarkan harga tetap, itu disebut PDB dengan harga konstan atau PDB riil.

Nominal GDP adalah nilai barang dan jasa yang dihasilkan selama setahun dan kemudian diukur dalam rupee (uang) dengan harga saat ini (pasar). Membandingkan satu tahun dengan yang lain menunjukkan bahwa rupee tidak dapat mengukur daya beli yang stabil.

PDB mungkin naik tajam sepanjang tahun, bukan karena masalah ekonomi yang berkembang pesat, tetapi karena kenaikan harga (atau inflasi).

  1. Deflator PDB

Deflator PDB adalah indeks perubahan harga barang dan jasa yang terkait dengan PDB. Ini berarti bahwa indeks harga PDB nominal pada tahun tertentu dibagi dengan PDB riil pada tahun yang sama dan dikalikan dengan 100.

Perhitungan deflator PDB = nominal (harga saat ini) PDB / riil (atau harga konstan) PDB x 100

  1. Produk Nasional Bruto (GNP)

GNP adalah ukuran total aliran barang dan jasa dengan nilai pasar yang dicapai dengan produksi satu tahun saat ini di suatu negara, termasuk pendapatan bersih di luar negeri.

  1. GNP dengan harga pasar

Jika Anda mengalikan total output yang dihasilkan dalam satu tahun dengan harga pasar yang sama di negara tertentu tahun ini, Anda akan menerima produk nasional bruto dengan harga pasar.

Perhitungan GNP pada harga pasar = PDB pada harga pasar + laba bersih dari luar negeri.

  1. NNP dengan harga pasar

Produk nasional bersih dengan harga pasar adalah kekayaan bersih dari produk dan layanan akhir yang dinilai dengan harga pasar dalam satu tahun di suatu negara. Jika Anda mengurangi depresiasi BSP dari harga pasar, Anda akan mendapatkan NNP pada harga pasar itu.

Perhitungan NNP dengan harga pasar = BSP dengan harga depresiasi pasar.

  1. NNP dengan biaya faktor

Produk nasional bersih dengan biaya faktor adalah manfaat bersih yang dinilai dengan harga-harga faktor ini. Termasuk dalam pendapatan yang dihasilkan dalam faktor-faktor produksi melalui partisipasi dalam proses produksi, misalnya. Upah dan gaji, sewa, keuntungan, dan lainnya.

Perhitungan NNP dengan biaya faktor = NNP dengan harga pasar – pajak tidak langsung + subsidi.

  1. Pendapatan domestik

Penghasilan dari faktor produksi suatu negara dengan sumber dayanya sendiri, yaitu pendapatan dalam negeri atau disebut juga produk dalam negeri.

Perhitungan pendapatan = pendapatan bersih nasional (dari luar negeri).

itulah penjelasan tentang Komponen Pendapatan Nasional seperti yang telah dibahas di website Kuliahpendidikan.com semoga dapat berguna dan bermanfaat untuk teman teman sekalian. Terima Kasih.

 

Tags: #contoh pendapatan nasional #komponen pendapatan nasional #komponen pendapatan nasional dan rumusnya #konsep pendapatan nasional #manfaat pendapatan nasional #metode perhitungan pendapatan nasional

author
Author: 
    Fakta mengenai kipas Jepang dan penggunaannya bagi masyarakat Jepang
    Fakta mengenai kipas Jepang dan penggunaannya bagi masyarakat Jepang
    Bagi orang Jepang, kipas merupakan bagian dari
    Agar Lebih Hemat Biaya Saat Ke Pasang Behel Jogja
    Agar Lebih Hemat Biaya Saat Ke Pasang Behel Jogja
    Selama ini sebagian masyarakat mungkin masih ada
    Learn English Online – Cara Mudah Mencari Poin Penting Di Catatan
    Learn English Online – Cara Mudah Mencari Poin Penting Di Catatan
    Learn English Online – Dalam membuat catatan
    Sewa Kontraktor Booth Pameran Untuk Hasil yang Sempurna
    Sewa Kontraktor Booth Pameran Untuk Hasil yang Sempurna
      Sering kali sebuah perusahaan mengenalkan produk-produk

    Leave a reply "Komponen Pendapatan Nasional"

    Must read×

    Top