5 Negara Terbesar Di Dunia Berdasarkan Wilayah

banner 728x90

Dari waktu ke waktu, negara-negara di dunia terus mengalami perubahan. Tidak hanya dari segi ekonomi dan populasi, ukuran negara-negara di dunia telah berubah. Bisa jadi karena kondisi politik (seperti perpecahan) dengan faktor lain. Ada banyak kasus di mana negara terbesar di dunia harus kehilangan wilayahnya karena bagian dari jurisdiksinya gratis. Misalnya, Uni Soviet.

Jadi apa posisi negara terbesar di dunia berdasarkan wilayah saat ini? Lihatlah uraian berikut!

Rusia

Rusia dikenal sebagai tanah air yang merupakan ‘kepala’ Uni Soviet pada masa pemerintahannya sebelumnya. Meski runtuh, Rusia tetap memegang gelar sebagai negara terbesar di dunia dengan luas 17,1 kilometer persegi. Secara geografis, Rusia berbatasan dengan 14 negara berbeda.

Diketahui bahwa Rusia memiliki cadangan minyak besar di bawah hutan beku dan tundranya. Namun, karena biaya dan kesulitan ekstraksi, minyak ini tidak dapat digunakan secara maksimal oleh pemerintah daerah.

Kanada

Dengan luas hampir 10 juta kilometer persegi, Kanada adalah negara terbesar pertama di Belahan Barat dan terbesar kedua setelah Rusia. Kanada memiliki populasi 35 juta. Artinya, jika tanah di sana dibagikan, setiap orang akan mendapat porsi 61 hektare.

Di sebelah kutub utara, tundra beku Kanada meluas ke poros utara bumi. Sementara itu, di timur, ada Pegunungan Rocky, yang merupakan daerah padang rumput, serta perkebunan kanola yang luas.

Amerika Serikat

Sedikit lebih kecil dari Kanada, negara adikuasa ini adalah negara terbesar ketiga di dunia dengan luas 9,63 juta kilometer persegi. Dengan berbatasan dengan Meksiko di selatan dan Kanada di utara, Amerika Serikat tidak hanya terkenal dengan berbagai kemajuannya, tetapi juga menampung beragam populasi geografis dan hewan liar.

Cina

Bersama dengan Amerika Serikat dan Kanada, Cina adalah salah satu negara yang menempati kurang dari 7 persen permukaan bumi. Perbedaan besar antara negara ini dengan tirai bambu dan Amerika Serikat sangat tipis, dengan sekitar 0,03 juta kilometer persegi. China berbatasan dengan 14 negara berbeda, termasuk Afghanistan di barat, Rusia di utara dan Vietnam di selatan. China juga merupakan negara terbesar di benua Asia.

Secara umum, kondisi iklim dan populasi Cina sangat bervariasi. Di utara, suhunya sangat dingin, sementara di daerah tengah negara itu adalah Gurun Gobi, yang merupakan gurun pasir terbesar keempat di dunia. Di selatan, Anda dapat dengan mudah menemukan iklim tropis.

Cina memiliki 1,350 juta orang dengan 56 kelompok etnis yang diakui. Negara ini memiliki lebih banyak orang yang bekerja sebagai dokter daripada seluruh populasi di Qatar.

Brazil

Brasil terdaftar sebagai negara terbesar di wilayah Amerika Selatan dengan luas 8,51 kilometer persegi. Negara ini memiliki banyak hutan hujan, salah satunya adalah Amazon, yang merupakan hutan hujan terbesar di dunia. Tengah viral.

Brasil juga memiliki pantai Atlantik yang panjang di sebelah timur, yang mencakup 8.000 kilometer. Beberapa kota utama, seperti Rio de Jeneiro dan Sao Paulo, juga dekat dengan pantai.

Itu adalah negara terbesar kelima di dunia berdasarkan wilayahnya. Selain lima negara, masih ada nama lain seperti Australia, India, Argentina dan lainnya yang masih di bawah.

author
Author: 
    Peranan Bakteri Dalam Kehidupan Manusia
    Peranan Bakteri Dalam Kehidupan Manusia
    Ternyata tidak semua bakteri memiliki sifat merusak
    Ekologi : Pengertian Jenis-Jenis dan Contoh
    Ekologi : Pengertian Jenis-Jenis dan Contoh
    Ekologi: definisi, jenis dan contoh ekologi |Dilansir
    TOEFL Writing – Lakukan Ini Jika Melakukan Tes Menulis TOEFL
    TOEFL Writing – Lakukan Ini Jika Melakukan Tes Menulis TOEFL
    TOEFL Writing – Seringkali Anda akan menemukan
    Magang di Uakron Banyak Gunanya tuk Belajar Bahasa Jepangmu
    Magang di Uakron Banyak Gunanya tuk Belajar Bahasa Jepangmu
    Menjadi orang yang menguasai berbagai macam bahasa

    Leave a reply "5 Negara Terbesar Di Dunia Berdasarkan Wilayah"

    Must read×

    Top