7 Tips Memilih Warna Untuk Ruangan

banner 728x90

Memilih cat yang akan diaplikasikan pada dinding kamar atau rumah memang rumit. Selain banyak warna cat dinding, Anda juga harus memperhitungkan faktor-faktor lain, seperti jenis dan ukuran ruangan, warna furnitur pendukung, selera pribadi, dll. Tidak perlu bingung, panduan berikut ini untuk memilih warna yang benar yang akan diterapkan pada ruangan.

1. Atur tema ruangan

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika memilih lukisan adalah menyesuaikannya dengan tema dan fungsi ruangan. Misalnya, warna-warna cerah seperti ungu atau biru cocok untuk aplikasi pada dinding kamar tidur, sedangkan warna-warna cerah dan tenang akan lebih cocok jika ditambahkan ke dinding ruang kerja.

Pilihan warna ini akan sangat memengaruhi suasana hati dan produktivitas Anda. Karena itu, jangan mendaftar secara tidak sengaja dan pilih warna, ya! Jika Anda masih ragu, bicarakan dengan pasangan atau keluarga Anda terlebih dahulu.

2. Uji area tersembunyi

Setiap warna memiliki banyak sub warna yang polanya sangat mirip. Nah, jika Anda tidak begitu yakin dengan warna, pertama-tama coba aplikasikan ke area tersembunyi, misalnya di kamar mandi atau ruang lain yang tidak begitu luas. Jika sesuai, Anda dapat melanjutkan melukis di kamar yang diinginkan.

3. Pertimbangkan sinar matahari

Anda mungkin menyukai warna-warna gelap seperti biru tua dan ingin menerapkannya pada ruangan tertentu di rumah. Ini baik Namun, ingat, pastikan sinar matahari yang masuk ke ruangan cukup. Sebuah ruangan yang dicat dengan warna lama tanpa sinar matahari yang cukup akan terasa kencang, gelap dan kencang.

Ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas dan produktivitas sehari-hari, terutama jika ruangan itu adalah sudut favorit Anda untuk bekerja atau hanya bersantai. Nah, sebagai alternatif, Anda bisa mengaplikasikan cat berwarna cerah di ruangan dengan sinar matahari minimal.

4. Kombinasi cat tembok dan cat bingkai

Tidak seperti sebelumnya, sekarang pilihan warna untuk pintu dan jendela kayu agak lebih beragam, sehingga Anda dapat mengecatnya sesuai keinginan. Namun, Anda tetap harus mempertimbangkan nilai keindahan ruangan. Hindari mengaplikasikan warna cat untuk pintu / jendela yang terlalu banyak bertabrakan dengan cat tembok. Misalnya, temboknya dicat hijau gelap dan pintu / jendelanya oranye. Itu salah.

Agar lebih aman, pelajari dulu tabel atau lingkaran berwarna yang biasanya terkandung dalam kemasan cat, atau Anda juga dapat mencari di Internet. Referensi ini akan memudahkan Anda untuk memilih kombinasi warna yang tepat, bahkan jika Anda tertarik pada saturasi warna.

5. Perhatikan area kamar

Pilihan warna cat akan menciptakan ilusi atau kesan tertentu di dalam ruangan. Cat yang berwarna cerah dan tenang akan membuat ruangan terasa lebih luas. Sebaliknya, melukis dengan warna gelap dan tegas akan memberi efek ruang sempit. Nah, jangan lupa titik ini saat memilih warna cat, ya!

6. Plafon berwarna

Terlepas dari warna yang Anda pilih dan aplikasikan pada dinding, gunakan cat putih polos di eternit atau di langit-langit rumah Anda. Trik ini akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan lebih tinggi, sehingga Anda bisa merasa lega ketika memasuki ruangan. Warna putih polos juga akan menunjukkan kesan bersih dan mewah dari ruangan.

7. Konsultasikan dengan para ahli

Enam tips sebelumnya telah dicoba, tetapi apakah Anda masih bingung memilih warna? Serahkan pada ahli desain interior. Selain memiliki lebih banyak pengalaman di bidang perencanaan tata ruang, mereka juga memiliki kontribusi berharga yang mungkin Anda butuhkan untuk mendekorasi ruangan, bahkan ketika harus memilih warna cat.

Nah, desain interior yang siap membantu Anda menyulap sudut favorit adalah Manna Interior. Dengan 10 tahun pengalaman di bidangnya, kami siap memberikan Anda layanan terbaik dengan desain inovatif dan layanan yang ramah.

Selain berfokus pada proyek-proyek swasta seperti tempat tinggal, kami juga terbiasa mengelola proyek dekorasi di gedung-gedung publik, seperti apartemen, gedung perkantoran dan bangunan komersial lainnya. Tunggu apa lagi Percayakan kebutuhan dekorasi kamar Anda dengan Gradasi Interior!

author
Author: 
    Apakah Anak-Anak Perlu Dilibatkan Dalam Proses Mendesain Rumah?
    Apakah Anak-Anak Perlu Dilibatkan Dalam Proses Mendesain Rumah?
    Mengajak Anak Dalam Proses Desain Rumah Bersama
    Ide Dekorasi Kamar Mandi dari Laut
    Ide Dekorasi Kamar Mandi dari Laut
    Pesisir Dingin Ubah pemandian standar menjadi retret

    Leave a reply "7 Tips Memilih Warna Untuk Ruangan"

    Must read×

    Top